Yusdial, Eza (2014) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Kartu Remi Bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research Kelas D.VI/C di SLB Perwari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ EZA_YUSDIAL_95905_815_2014.pdf [thumbnail of B1_2_ EZA_YUSDIAL_95905_815_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ EZA_YUSDIAL_95905_815_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak tunagrahita ringan (x)
yang kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan. Berdasarkan hasil
asesmen yang dilakukan, diketahui bahwa anak sudah mengenal konsep
angka, tanda tambah (penjumlahan) dan mampu membilang, tapi anak
mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal penjumlahan bilangan 1
sampai 10, dari kondisi tersebut diperoleh gambaran bahwa anak belum
mampu menyelesaikan soal penjumlahan. Kemampuan anak dalam
menyelesaikan soal–soal penjumlahan memang rendah, anak sangat lambat
dalam menyelesaikan soal penjumlahan tersebut.
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah kartu remi dapat
meningkatkan kemampuan penjumlahan anak tunagrahita. Adapun hipotesis
dalam penelitian ini,media kartu remi dapat meningkatkan kemampuan
penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR)
dengan desain A-B. Sebagai subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita
ringan (x) kelas D.VI/C di SLB Perwari Padang. Penilaian dalam penelitian
ini berbentuk persentase yaitu dengan menghitung jumlah jawaban yang
benar yang dikerjakan oleh anak. Data diperoleh dan diolah dalam bentuk
grafik, sehingga hasil antar kedua kondisi dapat tergambar.
Hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan penjumlahan bilangan 1
sampai 10 bagi anak tunagrahita ringan meningkat. Pada kondisi baseline
(A) anak mampu menyelesaikan soal penjumlahan dengan perolehan
persentase jawaban yang benar antara 20% - 40%, setelah diberi intervensi
(B) dengan menggunakan media kartu remi persentase jawaban yang benar
meningkat menjadi 40% – 100%. Dengan demikian hipotesis yang
dikemukakan sebelumnya dapat diterima. Artinya media kartu remi dapat
meningkatkan kemampuan penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan kelas
D.VI/C di SLB Perwari Padang. Oleh karena itu peneliti menyarankan
kepada guru dalam memberikan pembelajaran tentang penjumlahan
bilangan dapat menggunakan media kartu remi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 05 May 2025 07:14 |
Last Modified: | 05 May 2025 07:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10029 |